Windiani, Putu Ayu (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN MUATAN IPA KELAS V SD NO. 5 ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031135-COVER,.pdf Download (229kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031135-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031135-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031135-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031135-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031135-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031135-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031135-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031135-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya ketersediaan media pembelajaran interaktif yang dimanfaatkan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode non tes berupa angket, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun media pembelajaran interaktif pengembangannya melalui lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik yang dinyatakan layak berdasarkan (a) hasil penilaian ahli isi (konten) pembelajaran dengan persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran yang mencapai persentase 89,58% dengan kualifikasi baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran mencapai persentase 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan yang mencapai persentase 94,69% dengan kualifikasi sangat baik, serta hasil uji coba kelompok kecil yang mencapai persentase 93,93% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi berdasarkan hasil uji kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik menunjukkan hasil yang sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Windiani |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:44 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10785 |
Actions (login required)
View Item |