Wijayanti, Ni Kadek Arthiwi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL LITERASI BERBASIS CERITA RAKYAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NO. 1 KEROBOKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031171-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031171-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031171-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (616kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031171-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031171-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031171-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031171-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031171-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031171-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan membaca siswa saat situasi pandemi Covid-19 dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada muatan Bahasa Indonesia kelas VI. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan e-modul literasi berbasis cerita rakyat. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analyse, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan lembar angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket penilaian dengan skala likert 4. Hasil dari uji validasi produk menurut hasil review ahli isi mata dengan persentase 96,66% kategori sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 92,5% kategori sangat baik, hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 100% kategori sangat baik, hasil uji coba perorangan dengan total persentase 90,14% kategori sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil dengan total persentase 89,64 % kategori baik. Berdasarkan hasil validasi oleh pakar ahli dan uji coba produk pada siswa, sehingga aplikasi e-modul literasi berbasis cerita rakyat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk memahami materi teks fiksi pada muatan Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD dan layak sebagai media untuk fasilitas membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-modul, bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Arthiwi Wijayanti |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:02 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10793 |
Actions (login required)
View Item |