PENGEMBANGAN E-MODUL LITERASI BERBASIS CERITA RAKYAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NO. 1 KEROBOKAN

Wijayanti, Ni Kadek Arthiwi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL LITERASI BERBASIS CERITA RAKYAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NO. 1 KEROBOKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031171-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031171-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031171-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (616kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031171-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031171-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031171-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031171-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031171-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031171-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan membaca siswa saat situasi pandemi Covid-19 dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada muatan Bahasa Indonesia kelas VI. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan e-modul literasi berbasis cerita rakyat. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analyse, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan lembar angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket penilaian dengan skala likert 4. Hasil dari uji validasi produk menurut hasil review ahli isi mata dengan persentase 96,66% kategori sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 92,5% kategori sangat baik, hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 100% kategori sangat baik, hasil uji coba perorangan dengan total persentase 90,14% kategori sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil dengan total persentase 89,64 % kategori baik. Berdasarkan hasil validasi oleh pakar ahli dan uji coba produk pada siswa, sehingga aplikasi e-modul literasi berbasis cerita rakyat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk memahami materi teks fiksi pada muatan Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD dan layak sebagai media untuk fasilitas membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-modul, bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Arthiwi Wijayanti
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:02
Last Modified: 27 Jun 2022 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item View Item