Bagiada, Made (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN LEVIDIO PRESENTATION TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI SIKLUS AIR MUATAN IPA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031116-COVER.pdf Download (313kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031116-ABSTRAK.pdf Download (636kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031116-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Studi pengembangan ini mempunyai tujuan guna melakukan pengembangan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif peserta didik kelas V SD. Studi ini mempergunakan pemodelan 4-D sebagai model pengembangan. Aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif menjadi subjek dan objek pada studi ini. Sampel pada studi ini berjumlah 41 siswa dari kelas kontrol serta eksperimen. Validasi isi aktivitas pembelajaran diperoleh melalui instrument kuesioner. Hasil validasi isi aktivitas pembelajaran dengan rumus mean senilai 4,42 berpredikat sangat baik. Aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation diputuskan layak serta valid diterapkan pada aktivitas belajar mengajar dikelas V SD. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig < 0,05. Ada perbedaan kemampuan metakognitif serta literasi sains secara parsial maupun simultan antara kelompok peserta didik yang menerapkan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation dengan kelompok peserta didik yang menerapkan pembelajaran secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas pembelajaran, Kemampuan metakognitif, Levidio presentation, Literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Bagiada |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 01:34 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 01:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10794 |
Actions (login required)
View Item |