AN ANALYSIS OF READING DIFFICULTY VIEWED FROM ITS INDICATORS IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL

Wigraha, Ketut Agung Devara (2022) AN ANALYSIS OF READING DIFFICULTY VIEWED FROM ITS INDICATORS IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021098-COVER.pdf

Download (950kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021098-ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021098-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kesulitan membaca siswa dalam memahami teks deskriptif di SMP Negeri 3 Sukasada. Penelitian ini menerapkan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kesulitan proses pembelajaran siswa pada pembelajaran membaca teks deskriptif khususnya dalam menemukan ide pokok atau tema pokok, menelusuri informasi yang spesifik, menentukan rujukan tekstual, dan mengartikan arti kata dan frasa dan penyebab kesulitan siswa yang berasal dari hasil tes pertama dalam memahami teks deskriptif yang berbeda khususnya dalam menentukan ide pokok atau tema pokok, informasi spesifik, rujukan tekstual, dan arti rujukan kata atau frasa dari teks deskriptif orang, hewan, dan teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di SMP Negeri 3 Sukasada yang terdiri dari 22 siswa pada 1 kelas dan dokumen-dokumen dari hasil tes siswa dari kesulitan memahami teks deskriptif orang, hewan, dan teks prosedur. Data dikumpulkan dalam bentuk data primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri sebagai instrument inti, tes non-objektif atau tes jawaban singkat yang terdiri dari 30 soal berhubungan dengan teks deskriptif orang, hewan, dan teks prosedur dan panduan wawancara grup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa memiliki kesulitan dalam membaca tiga teks deskriptif berdasarkan indikator membaca seperti menyimpulkan ide pokok atau tema pokok, mencari informasi spesifik, rujukan tekstual, dan mengartikan arti kata dan frasa. Penyebab kesulitan membaca telah teridentifikasi oleh peneliti di sesi wawancara dengan 5 perwakilan siswa, yaitu memiliki kemampuan kosakata terbatas, kurangnya minat membaca, kurangnya Pendidikan atau ketidaktahuan, dan kompleksitas kata atau kalimat yang terlalu tinggi di dalam teks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reading Difficulty, Indicators, Descriptive Texts
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ketut Agung Devara Wigraha
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:09
Last Modified: 28 Jun 2022 06:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item