Kusumayanti, Ni Made Tantri (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MUATAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SD NEGERI 3 PEGUYANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031250-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031250-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031250-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031250-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031250-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031250-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031250-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031250-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031250-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasari saat pandemi covid-19 pembelajaran tidak berjalan dengan efektif, banyak materi dan tujuan pembelajaran yang tidak tercapai serta peserta didik belum mampu belajar mandiri terutama kelas rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan dari multimedia interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan matematika materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa kelas I di SD Negeri 3 Peguyangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode ADDIE, model ADDIE terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengumpulan data menggunakan metode observasi tidak berstruktur, wawancara tidak berstruktur dan penyebaran angket atau kuisioner, data kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif secara kualitatif dan kauntitatif. Adapun hasil yang diperoleh adalah, (1) Rancang bangun multimedia interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan matematika materi penjumlahan dan pengurangan berupa aplikasi android dengan mengambil media yang sering dijumpai siswa, terdat latihan soal serta video penjelasan sehingga siswa belajar dengan mandiri. (2) Hasil uji kelayakan yang diperoleh adalah uji validitas ahli isi materi diperoleh hasil 97, 91% dengan kategori sangat layak, uji ahli media pembelajaran mendapat hasil 93,75% dengan kategori sangat layak, hasil uji ahli desain pembelajaran adalah 93,75% dengan kategori sangat layak, uji perorangan mendapatkan hasil 97,61% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 94,63% dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan hasil uji menunjukan multimedia interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SD Negeri 3 Peguyangan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, Pembelajaran Kontekstual, Penjumlahan, Pengurangan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Tantri Kusumayanti |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:45 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10833 |
Actions (login required)
View Item |