Pinatih, Komang Ayu Marheni (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving Pada Materi Volume Kubus dan Balok Muatan Pelajaran Matematika Kelas V SDN 9 Pedungan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031165-COVER.pdf Download (239kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031165-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031165-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031165-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031165-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran cerita bergambar dan mengetahui kelayakan media pembelajaran cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media cerita bergambar berbasis problem solving materi volume kubus dan balok pada muatan pelajaran matematika untuk siswa kelas V SD. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli rancang bangun, 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 12 orang siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Data kuesioner yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media cerita bergambar berbasis problem solving dikemas dalam bentuk link website yang memuat cerita mengenai penjelasan materi volume kubus dan balok, contoh soal, dan latihan soal, serta memperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji kelayakan produk oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,64% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 96,96% dan hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase skor sebesar 97,47% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran cerita bergambar berbasis problem solving dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Cerita Bergambar, Problem Solving, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Marheni Pinatih |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 00:51 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10854 |
Actions (login required)
View Item |