Putri, Gusti Ayu Teristalya Merata (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID MEMBACA BERBASIS BUDAYA BALI (ARCABALI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MINAT MEMBACA SISWA KELAS I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031084-COVER.pdf Download (852kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031084-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031084-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Minat membaca perlu ditanamkan kepada individu sejak dini. Dengan minat membaca yang tinggi, individu akan memiliki wawasan yang luas. Sayangnya, minat membaca khususnya pada siswa kelas I SD mengalami penurunan akibat rendahnya kemampuan membaca dan belum tersedianya media yang menarik untuk membaca. Berkaitan dengan hal tersebut, aplikasi android membaca berbasis budaya Bali (ARCABALI) dikembangkan untuk memecahkan persoalan yang terjadi tersebut. Tujuan penelitian ini, diantaranya yakni untuk (1) membuat prototype dari ARCABALI, (2) menghasilkan ARCABALI yang teruji validitas isinya, (3) menganalisis respons praktisi terhadap ARCABALI, (4) menganalisis respons siswa terhadap ARCABALI, dan (5) menghasilkan ARCABALI yang teruji efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE. Pada tahap analyze, dilakukan observasi, penyebaran kuisioner, dan studi dokumen. Pada tahap development, dilakukan validasi produk dan uji coba terhadap produk. Tahap implementation dilakukan uji efektivitas produk. Analisis data tahap analyze menggunakan analisis deskriptif kualitatif, sedangkan analisis data validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken, dan menghitung persentase. Data minat membaca siswa setelah penggunaan ARCABALI dianalisis dengan teknik paired sample t test. Adapun hasil dari pengujian mengindikasikan bahwa, aplikasi berada pada kategori sangat baik. Validitas isi adalah tinggi pada tabel Aiken, dengan koefisien 0,95. Penilaian respons praktisi dan respons siswa adalah kategori sangat baik, dengan koefisien 97% dan 97,3%. Hasil pengujian efektivitas dengan paired sample t test memperlihatkan nilai sig. < 0.05. Artinya, pemberian aplikasi android ARCABALI efektif terhadap minat membaca siswa kelas I SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Android, Budaya Bali, Minat Membaca, ARCABALI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Teristalya Merata Putri |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 00:56 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10862 |
Actions (login required)
View Item |