Suwartami, Ni Jro Putu Oktavia (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN MEDIA GAMBAR ANIMASI DI KELAS VII A SMP NEGERI 4 KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011058_COVER.pdf Download (598kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011058_ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011058_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1612011058_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011058_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011058_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011058_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011058_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011058_LAMPIRAN.pdf Download (924kB) |
Abstract
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN MEDIA GAMBAR ANIMASI DI KELAS VII A SMP NEGERI 4 KINTAMANI Oleh Ni Jro Putu Oktavia Suwartami, NIM 1612011058 Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) minat belajar siswa di kelas VIIA SMP Negeri 4 Kintamani Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam menulis cerita fabel dengan menggunakan media gambar animasi, dan (2) langkah-langkah pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fabel menggunakan media gambar animasi siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Kintamani Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus pembelajaran mencakup empat langkah utama, yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Kintamani tahun pelajaran 2020/2021. Sedangkan objek penelitian adalah 1) media gambar animasi yang dijadikan sarana untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar; 2) hasil belajar aspek keterampilan dalam menulis cerita fabel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kartu data keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan menulis teks cerita fabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I masih banyak siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru sehingga terus diberikan saran dan bimbingan, ini dikarenakan nilai yang sangat rendah sehingga peneliti menyarankan untuk memberikan sebuah tes di siklus berikutnya. Peningkatan terjadi pada pelaksanaan tindakan siklus II dengan kategori lebih dari cukup dibandingkan siklus I sebelumya. Pada pelaksaan siklus II siswa sudah mulai aktif dalam pembelajaran walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang memahami tentang cerita fabel yang ada di dalam media gambar animasi. Pada pelaksanaan siklus III siswa sudah mulai percaya diri dan tidak terlihat ragu untuk mempelajari cerita fabel, karena peneliti sudah memberikan sebuah media gambar animasi yang berupa animasi hewan-hewan yang bergerak dan berwatak seperti manusia. Sehingga pada pelaksanaan siklus III nilai siswa sangat memuaskan dan mendapatkan kategori sangat baik. Kata kunci: Menulis, Fabel, Gambar dan Animasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Fabel, Gambar dan Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Jro Putu Oktavia Suwartami |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 05:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 05:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10883 |
Actions (login required)
View Item |