PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sumampan, Nyoman Sukma (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021002-COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021002-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021002-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan 1) untuk mengetahui proses pengembangan video animasi berpendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VII di SMP Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2021/2022, dan 2) untuk mengetahui hasil uji validasi penggunaan video animasi berpendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VII di SMP Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode pencatatan dokumen, dan 4) metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (1) proses pengembangan produk video animasi berpendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pembelajaran IPA dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu, tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation), (2) hasil validitas produk dikatakan valid dengan masing-masing penilaian, a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan persentase 94% dengan kategori sangat baik, b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 91.66% dengan kategori sangat baik, c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 97.14% dengan kategori baik, d) hasil uji coba perorangan dengan persentase 91.33% dengan kategori sangat baik, e) hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 94.66% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, video animasi berpendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video animasi, pendekatan kontekstual, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Nyoman Sukma Sumampan
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:51
Last Modified: 06 Jul 2022 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10886

Actions (login required)

View Item View Item