Bali, Essa Cahya Mas (2022) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley berbantuan Mind Mapping dengan Seting Online untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X MIA 1 SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011048-COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011048-ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011048-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X MIA 1 SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja setelah diterapkan model pembelajaran matematika Knisley berbantuan mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data kemampuan komunikasi matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes berbentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan. Rata-rata skor kemampuan komunikasi siswa dari 38,79 pada refleksi awal mengalami peningkatan menjadi 46,65 pada siklus I, 62,16 pada siklus II, dan 77,16 pada siklus III. Ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan, yaitu pada siklus III skor siswa memenuhi minimal KKM 70 dan 75,86% siswa berada pada kategori tuntas. Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X MIA 1 SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja terjadi karena siswa sudah mampu mengikuti setiap tahapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran matematika Knisley berbantuan mind mapping. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika Knisley berbantuan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X MIA 1 SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Kata kunci: Model Knisley, Mind Mapping, Komunikasi Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Knisley, Mind Mapping, Komunikasi Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Essa Cahya Mas Bali |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 13:52 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 13:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10966 |
Actions (login required)
View Item |