Dewi, Putu Mita Kesuma (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Dalam Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Iklan Kelas V SDN 9 Pedungan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031216-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031216-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031216-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031216-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031216-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031216-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031216-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031216-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031216-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran E-Comic berbasis problem based learning (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran E-Comic berbasis problem based learning. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah 1 orang ahli rancang bangun, 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan, dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media pembelajaran memperoleh skor persentase 100,00% (sangat baik), (2) hasil validitas pengembangan media pembelajaran E-Comic dari ahli isi memperoleh skor persentase 95,00% (sangat baik), ahli desain memperoleh skor persentase 95,00% (sangat baik), ahli media memperoleh skor persentase 97,90% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh skor persentase 96,66% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor persentase 96,94% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Comic berbasis problem based learning dalam muatan pelajaran bahasa Indonesia materi teks iklan layak untuk digunakan di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran E-Comic, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Mita Kesuma Dewi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 01:53 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10967 |
Actions (login required)
View Item |