PENGARUH LEARNER AUTONOMY DAN AGILE LEARNER TERHADAP KEMANDIRIAN DAN LITERASI BACA TULIS SISWA SD NEGERI 2 BULIAN

Mastini, Ni Komang Eti (2022) PENGARUH LEARNER AUTONOMY DAN AGILE LEARNER TERHADAP KEMANDIRIAN DAN LITERASI BACA TULIS SISWA SD NEGERI 2 BULIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031082-COVER.pdf

Download (554kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031082-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031082-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 memberikan tantangan keterampilan 4C,yakni berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia untuk dapat bersaing di dunia global. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh Learner Autonomy dan Agile learner terhadap kemandirian, dan literasi baca tulis siswa SD Negeri 2 Bulian.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Populasi berjumlah 159 siswa, dengan pengambilansampel menggunakan teknik non probability sampling yang merupakan cara yang dipergunakan dalam penentuan sampel dengan tidak memberikan peluang bagi seluruh anggota dalam populasi untuk menjadi sampel sehingga sampel penelitian berjumlah 51 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil uji validitas isi oleh empat validator keseluruhan bernilai CVR 1,00 dan nilai CVI 1,00 sehingga dinyatakan valid. Hasil uji validitas butir secara keseluruhan butir valid. Hasil uji reliabilitas pada variabel secara keseluruhan reliabil. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Learner Autonomy siswa berada pada kategori rendah, Agile Learner siswa berada pada kategori rendah, kemandirian siswa berada pada kategori tinggi, literasi baca tulis siswa berada pada kategori tinggi, Learner Autonomy siswa berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kemandirian siswa, Agile Learner siswa tidak berpengaruh langsung terhadap kemandirian siswa, Learner Autonomy siswa tidak berpengaruh langsung terhadap literasi baca tulis siswa, Agile Learner siswa tidak berpengaruh langsung terhadap literasi baca tulis siswa, kemandirian siswa berpengaruh langsung terhadap literasi baca tulis siswa, terdapat pengaruh langsung Learner Autonomy siswa terhadap literasi baca tulis siswa melalui kemandirian siswa, tidak terdapat pengaruh langsung Agile Learner siswa terhadap literasi baca tulis siswa melalui kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learner Autonomy, Agile Learner, Kemandirian dan Literasi Baca Tulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Eti Mastini
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:06
Last Modified: 11 Jul 2022 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10976

Actions (login required)

View Item View Item