PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MESARI (MELAJAH AKSARA BALI) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Bramasta, I Gede Bayu (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MESARI (MELAJAH AKSARA BALI) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021034-COVER.pdf

Download (301kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021034-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021034-BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021034-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan validitas multimedia interaktif Mesari (melajah aksara Bali) berbasis kearifan lokal untuk mata pelajaran bahasa bali kelas VII. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner. Hasil penelitian meliputi; proses pengembangan multimedia interaktif Mesari (melajah aksara Bali) yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; hasil uji validasi yang dilakukan oleh para ahli dan subjek uji coba produk menunjukkan bahwa multimedia interaktif Mesari (melajah aksara Bali) valid berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,33%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (80,00%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (94,66%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (95,33%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (92,22%) yang keseluluran persentase skornya berada pada kategori sangat baik. Manfaat dari penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif untuk memfasilitasi proses pembelajaran siswa di kelas khususnya mata pelajaran bahasa Bali materi aksara bali dan membantu guru untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi siswa dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mesari, kearifan lokal, aksara bali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Gede Bayu Bramasta
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:14
Last Modified: 11 Jul 2022 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10982

Actions (login required)

View Item View Item