PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN ANIMASI 2D BERORIENTASI KONTEKSTUAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SD NO. 2 BONGKASA

Sugitra, Komang (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN ANIMASI 2D BERORIENTASI KONTEKSTUAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SD NO. 2 BONGKASA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031318-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031318-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031318-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031318-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031318-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031318-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031318-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031318-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031318-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika bukan hanya sekedar fakta atau konsep pengetahuan yang dipahami oleh siswa, tetapi suatu proses yang dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan. Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sebagai alat dalam membantu pemahaman materi pada pembelajaran Matematika serta meningkatkan motivasi dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan mengetahui kelayakan video animasi berorientasi kontekstual learning pada muatan matematika operasi hitung siswa kelas II SD dari ahli isi mata pelajaran, ahli desain, ahli media dan hasil uji coba produk dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE . Pada model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuisioner. Subjek uji dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 12 orang di SD No.2 Bongkasa. Pengembangan video kartun animasi ini dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli isi materi pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 91,66% dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli desain pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 85% dengan kualifikasi “baik”, ahli media pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 91,66% dengan kualifikasi “sangat baik” , uji perorangan yaitu 91% dengan kualifikasi “sangat baik” dan uji kelompok kecil yaitu 91% dengan kualifikasi “sangat baik” . Dengan demikian, video kartun animasi muatan matematika berorientasi kontekstual learning pada pokok bahasan operasi hitung bilangan cacah layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk membangun antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Video Animasi, ADDIE, Kontekstual Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang sugitra
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:02
Last Modified: 11 Jul 2022 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item