PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA BESERTA PEMANFAATANYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Indrawan, I Ketut Ogik (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA BESERTA PEMANFAATANYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031023-COVER.pdf

Download (394kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031023-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031023-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk E-LKPD Interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA yang valid dan sangat baik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik elektronik atau E-LKPD Interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi macam-macam gaya beserta pemanfaatannya kelas IV Sekolah Dasar, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, respon guru/praktisi dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik elektronik atau E-LKPD Interaktif pada muatan IPA. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Dalam mengukur validitas, respon guru/praktisi dan respon siswa terhadap E-LKPD Interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli materi, dua orang dosen sebagai ahli media, dan lembar respon media yang diisi oleh dua orang guru/praktisi, dan sepuluh orang siswa. Data dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas dan respon guru/praktisi, dan respon siswa terhadap E-LKPD Interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa skor rata-rata bahwa untuk validitas dari ahli materi terhadap perangkat pembelajaran E-LKPD Interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA sebesar 4,65, sedangkan skor rata-rata validasi ahli media 4,70. Skor rata-rata respon guru/praktisi terhadap E-LKPD Interaktif sebesar 4,80 dan skor rata-rata respon siswa sebesar 4,78. Berdasarkan hasil analisis tersebut, perangkat pembelajaran E-LKPD Interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi macam-macam gaya beserta pemanfaatannya kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Interaktif, inkuiri terbimbing, IPA, macam-macam gaya beserta pemanfaarannya.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Ogik Indrawan
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:47
Last Modified: 12 Jul 2022 02:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item