PENGEMBANGAN MEDIA GAME MISSION BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV DI SD GUGUS VII KECAMATAN BULELENG

Reshmayanti, Putu Ika (2022) PENGEMBANGAN MEDIA GAME MISSION BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV DI SD GUGUS VII KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031036-COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031036-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031036-LAMPIRAN.pdf

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Game Mission Book dan (2) menguji validitas serta efektifitas media pembelajaran Game Mission Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Tematik Siswa Kelas IV di SD Gusus VII Kecamatan Buleleng. Media ini merupakan buku yang berisikan misi-misi yang dikemas dalam bentuk permainan yang terdiri dari level yang merupakan 24 aktivitas belajar menurut Taksonomi Bloom Revisi Anderson dan Krathwohl. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi dan evaluasi (evaluate). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk memeroleh data dari ahli pakar, praktisi dan respon siswa tentang acceptability media pembelajaran Game Mission Book. Kuesioner digunakan untuk mengukur minat siswa dalam menggunakan media Game Mission Book ini. Berdasarkan hasil analisis uji validitas media dengan ahli isi diperoleh rata- rata skor secara keseluruhan adalah 4,2 dengan kriteria sangat valid, ahli media secara keseluruhan adalah 4,6 dengan kriteria sangat valid, respon praktisi secara keseluruhan adalah 4,6 dengan kriteria sangat valid, dan respon siswa (uji perorangan dan uji kelompok kecil) secara keseluruhan adalah 4,4 dan 4,2 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan oleh validator (judges), media Game Mission Book yang dikembangkan telah sesuai secara teoretis dengan teori-teori pengembangan media dan karakteristik peserta didik. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, diperoleh temuan bahwa media pembelajaran Game Mission Book yang dikembangkan memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil uji efektifitas tersebut, siswa yang belajar dengan berbantuan media Game Mission Book memiliki minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar tanpa berbantuan media Game Mission Book.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Game Mission Book, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Ika ReshmaYanti
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:20
Last Modified: 13 Jul 2022 01:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item