MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA TUNANETRA KELAS XII SLB NEGERI 1 DENPASAR PADA ERA NEW NORMAL

Jaya, I Ketut Adi Kesuma (2022) MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA TUNANETRA KELAS XII SLB NEGERI 1 DENPASAR PADA ERA NEW NORMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011037-COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011037-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011037-BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011037-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011037-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011037-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011037-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011037-LAMPIRAN.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah penerapan model discovery learning yang ditempuh oleh guru dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra di kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar, (2) hasil belajar siswa tunanetra di kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar dengan menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur, dan (3) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru saat menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra di kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar. Subjek dalam penelitian, yaitu siswa tunanetra kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar dan guru Bahasa Indonesia, yakni Ibu Kadek Yudiasih, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada era new normal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model discovery learning dalam menulis teks prosedur diawali dengan tahap pendahuluan, isi (stimulation, problem statement, data collecting, data processing, verification, dan generalization), dan diakhiri penutup sudah diterapkan dengan baik. (2) hasil belajar, yaitu rata-rata nilai pengetahuan dan nilai keterampilan siswa tunanetra sama-sama mendapatkan predikat “sangat baik”, yaitu nilai pengetahuan dengan rata-rata 90,8 dan nilai keterampilan 90,6, dan (3) hambatan yang dihadapi oleh guru saat menggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra berupa kendala teknis gangguan jaringan, siswa tunanetra yang sulit dalam menuliskan tanda baca dan membutuhkan waktu lebih dalam menyimak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Teks Prosedur, Tunanetra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Ketut Adi Kesuma Jaya
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:22
Last Modified: 13 Jul 2022 02:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item