PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN GERAKAN DASAR TARI BALI ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Udayani, Ni Wayan Meli (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN GERAKAN DASAR TARI BALI ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811061021-COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811061021-ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811061021-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dalam mengenalkan gerakan dasar tari Bali anak Taman Kanak-Kanak. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Subjek dalam penelitian ini menggunakan dua orang ahli media, dua orang pakar bidang tari,dua orang praktisi, uji coba perorangan 3 anak, uji coba kelompok kecil 10 anak dan uji coba lapangan 15 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Video pembelajaran dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase ahli media pembelajaran diperoleh skor 90,5%, hasil validitas pakar bidang tari diperoleh skor 93%, hasil validitas praktisi diperoleh skor 90,5%. Hasil validitas uji coba perorangan diperoleh skor 96% hasil validitas uji coba kelompok kecil diperoleh skor 97% hasil validitas uji coba lapangan diperoleh skor 96%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran untuk mengenalkan gerakan dasar tari Bali anak Taman Kanak-Kanak mendapatkan validitas sangat tinggi sehingga video pembelajaran untuk mengenalkan gerakan dasar tari Bali layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Gaerakan Dasar Tari Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Wayan Meli Udayani
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:39
Last Modified: 13 Jul 2022 01:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item