Yasa, I Putu Yogi Karma (2022) Pengembangan Media Video Animasi Pada Muatan Pembelajaran IPS Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031183-COVER.pdf Download (575kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031183-ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031183-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031183-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031183-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031183-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031183-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031183-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031183-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun dari media video animasi pada muatan pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar, (2) Validitas media video animasi pada muatan pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar, (3) Kepraktisan media video animasi pada muatan pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar. Pada penelitian pengembangan ini dikembangkan sebuah video animasi yang bermuatan pembelajaran IPS. Pada penelitian ini berpedoman pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu (1) analisis (Analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development) (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Subjek dari penelitian pengembangan yang dlakukan yaitu terdiri dari 2 orang untuk ahli materi, 2 orang sebagai ahli media dan desain, 2 orang guru sebagai uji praktisi, 15 siswa sebagai respon. Objek penelitian ini yaitu video pembelajaran animasi. Metode pengumpulan data pada penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu metode wawancara serta instrumen yang digunakan berupa rating scale dengan menggunakan skala 5. Hasil penelitian pengembangan yang telah didapat kemudian dianalisis menggunakan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor dari data yang diperoleh. Skor validasi video pembelajaran animasi ahli materi 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli media 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli desain 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, uji praktisi 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik” dan respon siswa 4,7 dengan kualifikasi “sangat baik”. Oleh karena itu video animasi pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SD dikualifikasikan “sangat baik”. Sehingga dari analisis video animasi pada muatan pembelajaran IPS Tema 4 berbagai pekerjaan yang telah dilakukan uji coba dari beberapa ahli dapat dinyatakan Valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, IPS, tema 4 berbagai pekerjaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Yogi Karma Yasa |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 01:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11134 |
Actions (login required)
View Item |