Asih, Ni Luh Yulia Utami (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Materi Aksara Bali Kelas IV SD No 1 Benoa Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031122-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031122-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031122_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031122-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031122-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun rancang bangun media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe materi aksara Bali dan (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbaisis sparkol videoscribe materi aksara bali. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media pembelajaran dikembangkan berdasarkan pada tahapan ADDIE dan memperoleh skor persentase 100,00%. (2) hasil validitas pengembangan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli isi diperoleh skor persentase sebesar 97,72%. Ahli desain pembelajaran diperoleh skor persentase sebesar 90,00%. Ahli media pembelajaran diperoleh skor persentase sebesar 91,07%, masing-masing memperoleh kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh skor persentase sebesar 96,43%. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil skor persentase sebesar 95,23% masing-masing memperoleh kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe layak digunakan dalam materi aksara Bali kelas IV SD No 1 Benoa Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, sparkol videoscribe, aksara bali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Yulia Utami Asih |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:06 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11182 |
Actions (login required)
View Item |