Putra, I Gede Sanjaya (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031160-COVER.pdf Download (346kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031160-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031160-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031160-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031160-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031160-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031160-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas IV SD pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku yang valid, realiabel, dan efektiv untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan model RDR dengan tahapan pengembangan yaitu research (studi pendahuluan), tahap development (pengembangan), dan tahap research (uji efektivitas produk). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi instrumen dengan melibatkan dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas IV SD serta angket kuesioner yang melibatkan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang terdiri atas kisi-kisi dan kuesioner dengan jumlah pernyataan kuesioner sikap spiritual sebanyak 20 item pernyataan dan kuesioner sikap sosial sebanyak 30 item pernyataan. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data pada uji validitas isi menggunakan rumus Gregory, uji validitas butir menggunakan rumus product moment dan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus percentage of agreement. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian sikap spiritual menunjukkan hasil sebesar 1,00 dan sikap sosial menunjukkan hasil sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Perhitungan validitas butir untuk instrumen penilaian sikap spiritul menunjukkan 18 pernyataan valid dan 2 pernyataan tidak valid dan untuk instrumen penilaian sikap sosial menunjukkan 27 pernyataan valid dan 3 pernyataan tidak valid. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen sikap spiritual dan sikap sosial menunjukkan hasil sebesar 1,00 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data tersebut yaitu instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang dikembangkan telah menunjukkan hasil yang valid dan reliabel sehingga layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | istrumen penilaian, sikap spiritual, sikap sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Sanjaya Putra |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 01:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 01:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11226 |
Actions (login required)
View Item |