PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMART APPS CREATOR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM IPA MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 1 SINGAPADU KALER TAHUN AJARAN 2021/2022

Febriyanthi, Ni Komang Novitariyani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMART APPS CREATOR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM IPA MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 1 SINGAPADU KALER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031059-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031059-ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031059-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan kelayakan dari media pembelajaran Smart Apps Creator berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 1 Singapadu Kaler. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuisioner, kemudian pada analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran smart apps creator berbasis problem based learning pada tahap awal dilakukan dengan menganalisis karakteristik siswa dan diperoleh hasil akhir dari setiap uji validitas yaitu pada ahli isi mata pelajaran muatan IPA diperoleh pencapaian persentase 83,33% dengan kualifikasi baik. Pada ahli desain pembelajaran memperoleh hasil pencapaian persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Pada media pembelajaran memperoleh hasil pencapaian persentase 97,22% dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba perorangan secara keseluruhan dicapai sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil secara keseluruhan dicapai sebesar 95,70% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli dan hasil penilaian dari uji coba perorangan serta uji kelompok coba kecil, maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran smart apps creator berbasis problem based learning pada muatan IPA materi organ gerak hewan dan manusia “Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Smart Apps Creator, Problem Based Learning, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Novitariyani Febriyanthi
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:12
Last Modified: 14 Jul 2022 02:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item