S, M Berlianta Gunadewa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS IX KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031040-COVER.pdf Download (362kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031040-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031040-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada siswa kelas IV SD di gugus IX Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspereimen semu menggunakan rancangan post-tes only non equivalent control group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di gugus IX Kecamatan Kintamani berjumlah 125 orang siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik radom sampling dan diperoleh kelas IV SD Negeri 1 Songan sebanyak 16 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD 9 Songan sebanyak 25 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar Matematika dan dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Dari hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar Matematika siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasilujihipotesis menggunakan uji-t yang memperoleh angka signifikan 0,000 yang berarti kurang dari 0,05(0,000<0,05). Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD di gugus IX Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI), hasil belajar, dan Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | M. Berlianta Gunadewa S. |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11276 |
Actions (login required)
View Item |