urosyidah, atiek (2019) PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH AT-TAUFIQ DI KAMPUNG KAJANAN, SINGARAJA, BULELENG, BALI (Kesulitan Belajar, Manajemen Kelas dan Penanggulangannya). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1414091010 - COVER.pdf Download (550kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1414091010 - ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1414091010 - BAB I .pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1414091010 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1414091010 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1414091010 - BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1414091010 - BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1414091010 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1414091010 - LAMPIRAN.pdf Download (400kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang siswa yang kurang meminatii pada mata pelajaran sosiologi, (2) Manajemen kelas yang dilakukan guru sosiologi dalam pembelajaran sosiologi pada siswa kelas XI, (3) Penanggulangan rendahnya minat siswa dalam belajar sosiologi berdasarkan persepsi siswa dan berbagai pihak terkait. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah At-Taufiq Kampung Kajanan, Singaraja, Buleleng, Bali. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan keabsahan dilakukan dengan metode triangulasi dan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Latar belakang peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah At-Taufiq kurang meminati pembelajaran sosiologi dilihat dari (1) Faktor internal, : a) Kurangnya kemampuan dasar intelligensi siswa, b)Tidak ada bakat dalam belajar sosiologi, c) Kurangnya minat terhadap situasi pembelajaran yang tidak dapat memotivasi siswa, d) Tidak adanya perpustakaan. (2) Faktor eksternal, : a) Faktor orang tua, b) Faktor dari guru, c) Faktor lingkungan. (2) Manajeman kelas XI di kelompokkan menjadi tiga yaitu : mendikte, menegur dan mencatat, serta memberi skors, (3) Menanggulangi rendahnya minat belajar siswa dalam belajar sosiologi dari pihak yang terkait (a) Persepsi siswa, (b) Persepsi kepala madrasah, (c) Persepsi orang tua, (d) Persepsi guru sosiologi. Kata Kunci : pembelajaran sosiologi, kesulitan belajar, manajemen kelas, penanggulangannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sosiologi, Kesulitan Belajar, Manajemen Kelas, Penanggulangannya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Atiek Urosyidah |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 06:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 06:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/113 |
Actions (login required)
View Item |