Murni, Verasiana (2022) PERAN GURU PPKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 CIBAL, KEC CIBAL, KAB MANGGARAI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814041019-COVER.pdf Download (322kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814041019-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814041019-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814041019-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1814041019-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814041019-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814041019-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814041019-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Peran Guru PPKn dalam upaya Meningkatkan Kedisiplinan siswa. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Cibal. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus dengan metode kualitatif model Miles and Huberman. Subyek dalam penelitian ini Kepala Sekolah, Kesiswaan, Guru PPKn, dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian metode analisis data dianalisis melalui: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan: (1) dimana SMA N 1 Cibal memiliki peraturan dan sanksi yang tegas yang terdiri dari 10 peraturan yang memiliki poin tersendiri (2) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa sudah baik melalui: pengegakan peraturan dan sanksi yang tegas, menanamkan kesadaran pada siswa, keteladanan guru, melalui sosialisasi, memberikan hukuman, guru selalu mengingatkan siswa tentang disiplin. (3) Faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa: a) faktor pendukung adanya peraturan dan sanksi yang tegas, keadaan fisik siswa yang baik, kesadaran dari dalam diri siswa, guru selalu mencerminkan sikap kedisiplinan, terjalinya hubungan yang baik antara guru dan murid. b). Faktor penghambat lingkungan peserta didik yang beragam, siswi yang bandel, kurangnya dukungan orang tua,, kurangnya pengawasan orang tua, pergaulan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Guru, PPKn, Kedisiplinan, Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Verasiana Murni |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 10:51 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 10:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11318 |
Actions (login required)
View Item |