Agustina, Ni Kadek Bella Sandi (2022) Pengembangan Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu (curiousity) Dalam Belajar Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011014-COVER .pdf Download (544kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011014-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011014- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011014 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011014 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011014 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011014-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada penelitian pengembangaan ini produk yang dikembangkan adalah Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal untuk meningkatkan rasa ingin tahu (curiosity) dalam belajar siswa SMP. Produk ini nantinya digunakan oleh guru BK sebagai pedoman pemberiaan layanan bimbingan klasikal. Pengembangan perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan rasa ingin tahu menggunakan desain penelitian pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan 4D (four D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yakni define, design, develop, dan disseminate atau bisa diadaptasi menjadi 4P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil dari penilaian tersebut kemudian dihitung menggunakan rumus CVR (Content Validty Ratio) dan CVI (Content Validity Index). Hasil CVR untuk masing-masing bagian dari perangkat layanan yaitu, RPL = 1, Materi = 1, Media = 1, LKPD = 1 , dan alat evaluasi = 1. Hasil CVI untuk masing-masing bagian dari perangkat layanan yait, RPL = 13, Materi = 13, Media = 13, LKPD = 13, dan alat evaluasi = 13. Perhitungan t-test independen untuk menghitung perbedaan antara kelompok yang diberikan layanan dengan perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan rasa ingin tahu dengan kelompok yang tidak diberikan layanan sama sekali. Setelah dilakukan perhitungan t-test independent didapatkan hasil thitung = 7,737 dan ttabel = 2,021 yang berarti thitung > ttabel. Hasil ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang diberikan layanan dan yang tidak. Guru BK direkomendasikan menggunakan perangkat ini karena perangkat ini terdapat materi dan media yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Layanan, Bimbingan Klasikal. 4D |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Bella Sandi Agustina |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:08 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11334 |
Actions (login required)
View Item |