Dewi, Ni Komang Cintya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK INTERAKTIF BAHASA BALI TEMA LINGKUNGANKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061005-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (529kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061005-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook interaktif bahasa Bali dengan tema lingkunganku. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli rancang bangun, ahli isi pembelajaran, ahli desain, ahli media pembelajaran pada uji kelayakan serta 3 orang anak pada uji perorangan dan 5 orang anak pada uji kelompok kecil. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Rancang bangun media ini berupa buku elektronik yang didalamnya berisikan video, gambar, teks, suara serta petunjuk dari penggunaan media ini. Hasil uji kelayakan media flipbook oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 86,67% dengan kualifikasi baik dengan sedikit revisi. Hasil uji validitas media flipbook oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 82,5% dengan kualifikasi baik dengan sedikit revisi. Hasil uji kelayakan media flipbook oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 87,5% dengan kualifikasi baik serta perlu sedikit revisi. Hasil uji kelayakan media flipbook oleh subjek uji coba perorangan memperoleh persentase skor 93% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji validitas media flipbook oleh subjek uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook interaktif bahasa Bali tema lingkunganku layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Flipbook Interaktif, Bahasa Bali, Anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Cintya Dewi |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11364 |
Actions (login required)
View Item |