Liani, Ni Luh Novita (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE FILMORA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN KPK DAN FPB KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031105-COVER.pdf Download (644kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031105-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031105-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031105-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031105-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype video Animasi Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora Berbasis Problem Based Learning Pembelajaran KPK dan FPB kelas IV Sekolah Dasar menganalisis validitas isi media pembelajaran video Animasi Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora Berbasis Problem Based Learning Pembelajaran KPK dan FPB kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Namun untuk tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dapat dilakukan karena keterbatasan waktu, tenaga, sumber daya, dan finansial. Adapun subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu : 1) dua orang ahli materi, 2) dua orang ahli media, 3) dua orang guru untuk respon praktisi, dan 4) 10 orang siswa kelas IV SD untuk respon siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan instrumen penilaian rating scale, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase untuk menyimpulkan deskripsi data kemudian dikonversikan ke dalam tabung skala lima. Hasil analisis data yang didapatkan 1) hasil review ahli materi pembelajaran sangat baik 93% 2) hasil review ahli media pembelajaran sangat baik 94,99% 3) hasil persentase respon praktisi sebesar 96,67% dan persentase respon siswa sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa video animasi valid dan layak untuk digunakan oleh siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Wondershare filmora, Problem based learning, KPK dan FPB |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Novita Liani |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 08:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11468 |
Actions (login required)
View Item |