Deon, Emanuel (2022) STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI BERKARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA (Studi Kasus SMP Negeri 6 Singaraja Kecamatan, Buleleng). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814041010-COVER.pdf.pdf Download (269kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814041010-ABSTRAK.pdf.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1814041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814041010-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814041010-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814041010-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi internalisasi nilai-nilai karakter disiplin siswa, (2) Mengetahui strategi internalisasi nilai-nilai karakter mandiri, (3) Mengetahui kendala internalisasi nilai karakter disiplin dan mandiri, (4) Menemukan solusi mengatasi kendala internalisasi nilai karakter disiplin dan mandisi siswa di SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, Pegawai, dan Siswa. Objek penelitian adalah aspek-aspek karakter disiplin dan karakter mandiri. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internalisasi karakter disiplin melalui membiasakan hadir tepat waktu, membiasakan mematuhi aturan, menggunakan pakaian sesuai dengan ketentuan. Strategi internalisasi karakter mandiri melalui sikap yang bertanggung jawab, percaya diri, inisiatif, mampu mengambil keputusan sendiri, mampu untuk bersaing dengan teman, dan mampu memimpin diskusi jika guru tidak masuk kelas. Kendala internalisasi karakter disiplin dan mandiri yakni siswa datang ke sekolah tidak tepat waktu, keluarga tidak mendukung anak untuk disiplin, siswa sepakat untuk tidak masuk kelas, dan tidak ada usaha untuk mengumpulkan tugas. Solusi untuk mengatasi internalisasi karakter disiplin dan mandiri adalah dengan melakukan sosialisasi aturan secara intens kepada seluruh civitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Disiplin, Guru, Kendala, Mengatasi. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Emanuel Deon |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 09:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 09:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11475 |
Actions (login required)
View Item |