STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI BERKARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA (Studi Kasus SMP Negeri 6 Singaraja Kecamatan, Buleleng)

Deon, Emanuel (2022) STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI BERKARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA (Studi Kasus SMP Negeri 6 Singaraja Kecamatan, Buleleng). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814041010-COVER.pdf.pdf

Download (269kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1814041010-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (43kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1814041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814041010-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1814041010-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1814041010-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi internalisasi nilai-nilai karakter disiplin siswa, (2) Mengetahui strategi internalisasi nilai-nilai karakter mandiri, (3) Mengetahui kendala internalisasi nilai karakter disiplin dan mandiri, (4) Menemukan solusi mengatasi kendala internalisasi nilai karakter disiplin dan mandisi siswa di SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, Pegawai, dan Siswa. Objek penelitian adalah aspek-aspek karakter disiplin dan karakter mandiri. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internalisasi karakter disiplin melalui membiasakan hadir tepat waktu, membiasakan mematuhi aturan, menggunakan pakaian sesuai dengan ketentuan. Strategi internalisasi karakter mandiri melalui sikap yang bertanggung jawab, percaya diri, inisiatif, mampu mengambil keputusan sendiri, mampu untuk bersaing dengan teman, dan mampu memimpin diskusi jika guru tidak masuk kelas. Kendala internalisasi karakter disiplin dan mandiri yakni siswa datang ke sekolah tidak tepat waktu, keluarga tidak mendukung anak untuk disiplin, siswa sepakat untuk tidak masuk kelas, dan tidak ada usaha untuk mengumpulkan tugas. Solusi untuk mengatasi internalisasi karakter disiplin dan mandiri adalah dengan melakukan sosialisasi aturan secara intens kepada seluruh civitas sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Disiplin, Guru, Kendala, Mengatasi.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Emanuel Deon
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:48
Last Modified: 17 Jul 2022 09:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item