ANALISIS KEBERTERIMAAN PENGGUNA LAYANAN TARING DUKCAPIL DI KOTA DENPASAR MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), DELONE & MCLEAN DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Winaya, Ayu (2022) ANALISIS KEBERTERIMAAN PENGGUNA LAYANAN TARING DUKCAPIL DI KOTA DENPASAR MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), DELONE & MCLEAN DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929101051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929101051-ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929101051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929101051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929101051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929101051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929101051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929101051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929101051-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kota Denpasar sebagai ibukota Propinsi Bali dengan jumlah penduduk yang padat, memiliki kebutuhan akan layanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sangat tinggi. Rata-rata permohonan layanan Dukcapil setiap harinya sebanyak 400 permohonan, sehingga terjadi penumpukan antrian setiap harinya. Untuk mengatasi hal tersebut Dinas Dukcapil Kota Denpasar mengembangkan inovasi layanan Taring Dukcapil (Pendaftaran Daring Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Namun pada implementasinya pengaduan terhadap penggunaan aplikasi Taring Dukcapil sangat tinggi. Permohonan dengan dokumen pendukung yang belum lengkap juga sangat tinggi. Selain itu, permasalahan pengiriman e-mail juga masih sering terjadi. Dengan adanya hal tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap keberterimaan pengguna layanan Taring Dukcapil. Keberterimaan pengguna terhadap penerapan suatu sistem informasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan implementasi sebuah sistem informasi. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model, DeLone & McLean dan Importance Performance Analysis. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Incidental Sampling menggunakan instrumen kuesioner. Responden merupakan masyarakat yang akan mengambil hasil cetak dokumen di Dinas Dukcapil. Jumlah sampel sebanyak 395 responden, dihasilkan dari rumus Slovin berdasarkan jumlah populasi Kepala Keluarga yang memiliki akun pada Taring Dukcapil sebanyak 33.175 pengguna, dengan persentase kesalahan 5%. Hasil analisis IPA yaitu analisis kesesuaian kinerja terhadap kepentingan pengguna sebesar 98%, analisis kesenjangan kinerja terhadap kepentingan pengguna memiliki gap sebesar -0,06 dan analisis kuadran terdapat 2 indikator yang menjadi prioritas peningkatan kinerja. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan yaitu menampilkan informasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan disclaimer, memanfaatkan mail server Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar, optimasi sistem agar loading time lebih cepat, serta menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) hingga tingkat Desa / Lurah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), DeLone and McLean, Importance Performance Analysis (IPA), Keberterimaan Pengguna
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: AYU NYOMAN WAISANTINI WINAYA, S.KOM
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:26
Last Modified: 21 Jul 2022 06:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item