Farid, Moh (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN PAYAMAN PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021009-COVER.pdf Download (572kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021009-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA. (2) mengetahui hasil validitas video pembelajaran pada mata pelajaran IPA menurut para ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk. Penelitian pengembangan video pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan video pembelajaran ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) video pembelajaran ini dinyatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan predikat sangat baik (98%). (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan predikat baik (88%) (c) hasil review dari ahli media pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik (94%). (d) hasil review dari uji perorangan menunjukkan bahwa video pembelajaran ini mendapatkan predikat sangat baik yaitu (94,66%). (e) hasil review dari uji kelompok kecil menunjukkan predikat sangat baik (93,11%). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji produk diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media video pembelajaran, ADDIE |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Moh. Farid |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11502 |
Actions (login required)
View Item |