Jayanti, Ni Luh Gede Trisna Sri (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD PADA MATERI SEGI BANYAK BERATURAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031017-COVER.pdf Download (307kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031017-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1811031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-LKPD pada materi segi banyak beraturan siswa kelas IV sekolah dasar yang valid. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah 4-D yang melalui empat tahapan, yaitu: (1) Define(pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dan tidak melaksanakan tahap Disseminate. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dua orang guru/praktisi dan dua belas respon siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas E-LKPD pada materi segi banyak beraturan siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan memberikan instrumen lembar penilaian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas E-LKPD pada materi segi banyak beraturan siswa kelas IV sekolah dasar adalah rating scale. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase untuk mengetahui skor validitas E-LKPD pada materi segi banyak beraturan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa skor validitas dari ahli media 95%, dari ahli materi 96%, dari praktsi/guru 90%, dan dari respon siswa 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini berarti dapat dikatakan bahwa E-LKPD pada materi segi banyak beraturan dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, E-LKPD, segi banyak beraturan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Trisna Sri Jayanti |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:56 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11516 |
Actions (login required)
View Item |