Optimalisasi Pelayanan Elektronik Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia di Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng

Pramana, I Gede Harry (2022) Optimalisasi Pelayanan Elektronik Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia di Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029131018-COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029131018-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029131018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029131018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029131018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029131018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029131018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029131018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029131018-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelayanan elektronik terutama pada SDM, pemetaan SDM serta strategi yang harus ditempuh khususnya pada SDM di Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng dalam optimalisasi pelayanan elektronik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, Focus Group Discussion. Lokasi penelitian pada Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng. Narasumber pada penelitian ini yaitu pejabat Administrator (Kepala Kantor Pertanahan), Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Survei dan Pemetaan, koordinator, admin, dan petugas pelaksana. Hasil penelitian ini menemukan (1) Kendala yang dihadapi Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng dalam optimalisasi pelayanan elektronik khususnya pada SDM berupa kompetensi dan latar belakang pendidikan yang masih kurang serta kurangnya SDM yang memiliki tugas pokok dalam kegiatan peningkatan kualitas data sehingga tidak fokus dalam pelaksanaan kegiatan. Pemberian pelatihan, mendorong pegawai untuk meningkatkan latar belakang pendidikan serta pembentukan tim percepatan dapat menjadi solusi. (2) Dari pemetaan SDM dan perhitungan ABK kegiatan peningkatan kualitas data siap elektronik tahun 2022 sampai dengan 2024 terdapat kekurangan SDM pada bagian validasi Surat Ukur dan persil. Perlu adanya penambahan SDM pada kelompok validasi Surat Ukur dan persil yang tergabung dalam tim percepatan (3) Rumusan strategi yang harus ditempuh Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng dalam optimalisasi pelayanan elektronik khususnya pada SDM yaitu: pemetaan SDM dan penyusunan ABK kegiatan, pembentukan tim percepatan, motivasi SDM, pelatihan dan pengembangan, serta melaksanakan kontrol dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: layanan elektronik, manajemen SDM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2)
Depositing User: I Gede Harry Pramana
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:47
Last Modified: 19 Jul 2022 06:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item