Priliyanti, Anggi (2020) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI di SMAS Lab Undiksha Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031029-COVER.pdf Download (840kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031029-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031029-BAB1 PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031029-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa, dan (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMAS Lab Undiksha Singaraja dalam mempelajari materi kimia kelas XI semester genap. Subjek penelitian ini adalah 44 orang siswa dari seluruh kelas XII MIA dan 1 orang guru kimia. jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dan pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi dokumen, observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar siswa tergolong sedikit sulit dengan persentase sebesar 43%, tergolong cukup sulit dengan persentase 48%, dan yang tergolong sulit dengan persentase sebesar 9%, dan (2) faktor internal penyebab kesulitan belajar meliputi pemahaman terhadap materi kimia, kemampuan matematika rendah, dan kurangnya motivasi belajar kimia. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar meliputi metode mengajar yang diterapkan guru, pengaruh negatif teman sebaya, keadaan dan waktu pembelajaran yang kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, kimia kelas XI semester genap, faktor internal, faktor eksternal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Anggi Priliyanti |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 03:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 03:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1158 |
Actions (login required)
View Item |