Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI di SMAS Lab Undiksha Singaraja

Priliyanti, Anggi (2020) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI di SMAS Lab Undiksha Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031029-COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031029-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031029-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031029-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa, dan (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMAS Lab Undiksha Singaraja dalam mempelajari materi kimia kelas XI semester genap. Subjek penelitian ini adalah 44 orang siswa dari seluruh kelas XII MIA dan 1 orang guru kimia. jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dan pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi dokumen, observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar siswa tergolong sedikit sulit dengan persentase sebesar 43%, tergolong cukup sulit dengan persentase 48%, dan yang tergolong sulit dengan persentase sebesar 9%, dan (2) faktor internal penyebab kesulitan belajar meliputi pemahaman terhadap materi kimia, kemampuan matematika rendah, dan kurangnya motivasi belajar kimia. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar meliputi metode mengajar yang diterapkan guru, pengaruh negatif teman sebaya, keadaan dan waktu pembelajaran yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, kimia kelas XI semester genap, faktor internal, faktor eksternal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Anggi Priliyanti
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:28
Last Modified: 24 Feb 2020 03:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item