Juliastari, Anak Agung Dwi Mas (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI CIRI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA TEMA 2 SUBTEMA 2 KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031117-COVER.pdf Download (436kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031117-ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031117-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031117-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031117-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kajian pengembangan ini memiliki tujuan guna mengembangkan e-LKPD berbasis pembelajaran kontekstual ciri makhluk hidup dan lingkungannya. Riset ini merupakan riset pengembangan yang dilakukan dengan mempergunakan pemodelan pengembangan ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada tahap uji coba hanya oleh sekelompok kecil 9 siswa di SD Negeri 1 Sambangan, SD Negeri 2 Sambangan dan SD Negeri 3 Sambangan. Subjek penelitian ini adalah e-LKPD berbasis pembelajaran kontekstual materi ciri makhluk hidup dan lingkungannya, tema 2 subtema 2. Sedangkan objek penelitian validitas dan kepraktisan e-LKPD yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan ialah observasi, wawancara dan angket dengan mempergunakan instrumen penilaian. Instrumen yang dipergunakan untuk mengestimasi aspek validitas e-LKPD ini adalah angket penilaian ahli materi dan media dengan mempergunakan formula mean untuk menentukan rerata skor validitas produk. Untuk mengukur kepraktisan, mempergunakan angket/kuesioner untuk memperoleh feedback pendidik dan siswa dengan mencari persentase tiap aspek. Berdasarkan analisis data, diperoleh skor rata-rata untuk validasi media e-LKPD sebesar 4,78 berkategori sangat valid dan skor rerata validasi materi sebesar 4,66 berkategori sangat valid. Dakam uji kelompok kecil diperoleh persentase kepraktisan e-LKPD 92,2% dan tingkat pencapaian respon praktisi adalah 95% dengan kriteria sangat praktis. Berlandaskan pada hasil validasi ahli dan uji coba produk maka bisa disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis pembelajaran kontekstual sangat layak dan praktis dipergunakan selaku perangkat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Pembelajaran Kontekstual, Makhuk Hidup |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Dwi Mas Juliastari |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:19 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11644 |
Actions (login required)
View Item |