PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI CIRI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA TEMA 2 SUBTEMA 2 KELAS VI SEKOLAH DASAR

Juliastari, Anak Agung Dwi Mas (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI CIRI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA TEMA 2 SUBTEMA 2 KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031117-COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031117-ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031117-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031117-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031117-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kajian pengembangan ini memiliki tujuan guna mengembangkan e-LKPD berbasis pembelajaran kontekstual ciri makhluk hidup dan lingkungannya. Riset ini merupakan riset pengembangan yang dilakukan dengan mempergunakan pemodelan pengembangan ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada tahap uji coba hanya oleh sekelompok kecil 9 siswa di SD Negeri 1 Sambangan, SD Negeri 2 Sambangan dan SD Negeri 3 Sambangan. Subjek penelitian ini adalah e-LKPD berbasis pembelajaran kontekstual materi ciri makhluk hidup dan lingkungannya, tema 2 subtema 2. Sedangkan objek penelitian validitas dan kepraktisan e-LKPD yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan ialah observasi, wawancara dan angket dengan mempergunakan instrumen penilaian. Instrumen yang dipergunakan untuk mengestimasi aspek validitas e-LKPD ini adalah angket penilaian ahli materi dan media dengan mempergunakan formula mean untuk menentukan rerata skor validitas produk. Untuk mengukur kepraktisan, mempergunakan angket/kuesioner untuk memperoleh feedback pendidik dan siswa dengan mencari persentase tiap aspek. Berdasarkan analisis data, diperoleh skor rata-rata untuk validasi media e-LKPD sebesar 4,78 berkategori sangat valid dan skor rerata validasi materi sebesar 4,66 berkategori sangat valid. Dakam uji kelompok kecil diperoleh persentase kepraktisan e-LKPD 92,2% dan tingkat pencapaian respon praktisi adalah 95% dengan kriteria sangat praktis. Berlandaskan pada hasil validasi ahli dan uji coba produk maka bisa disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis pembelajaran kontekstual sangat layak dan praktis dipergunakan selaku perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Pembelajaran Kontekstual, Makhuk Hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Dwi Mas Juliastari
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:19
Last Modified: 19 Jul 2022 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item