PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI BANGUN DATAR KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Puspitadewi, Oleh Ni Luh Gd Candra (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI BANGUN DATAR KELAS III DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031076-COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031076-ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (659kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031076-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031076-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan e-modul interaktif materi bangun datar kelas III di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: 1) analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Subjek penelitian adalah e-modul interaktif materi bangun datar kelas III di sekolah dasar sedangkan objek penelitian validitas dan respon siswa e-modul interaktif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuesioner untuk mengukur validitas dan respon siswa menggunakan instrumen rating scale berupa lembar validasi e-modul interaktif yang diisi oleh ahli materi, ahli media, praktisi dan respon siswa. Data penelitian yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Validitas produk diuji oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 praktisi. Respon siswa terhadap e-modul interaktif materi bangun datar dinilai oleh 10 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas e-modul interaktif dari ahli materi 92,5% dengan kategori sangat baik, validitas dari ahli materi 92,5% dengan kategori sangat baik, hasil validitas praktisi memperoleh hasil 97% dengan kategori sangat baik sedangkan hasil respon siswa memperoleh hasil 96,7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif materi bangun datar kelas III di sekolah dasar dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bangun Datar, E-Modul Interaktif, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Gd. Candra Puspitadewi
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:09
Last Modified: 19 Jul 2022 04:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item