PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN CAD RICHPEACE BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI POLA BUSANA DI PRODI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNDIKSHA

Ariani, Pande Putu Winy Desy (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN CAD RICHPEACE BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI POLA BUSANA DI PRODI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815011018 - COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815011018 - ABSTRACT.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815011018 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815011018 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815011018 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1815011018 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815011018 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1815011018 - DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815011018 - LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran konstruksi pola busana yang berbasis saintifik serta menggunakan CAD Richpeace sebagai aplikasi pendukung dalam membuat pola busana secara digital; (2) memperoleh hasil pengembangan modul pembelajaran konstruksi pola busana yang berbasis saintifik serta menggunakan CAD Richpeace sebagai aplikasi pendukung dalam membuat pola busana secara digital pada mata kuliah konstruksi pola busana di Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Undiksha. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan PPE. Model PPE terdiri dari 3 (tiga) langkah yaitu; Planning (perancangan), Production (produksi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kuisioner yang dinilai oleh ahli isi materi, ahli media dan respon mahasiswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan modul pembelajaran melalui tahap perancangan, produksi, validasi dan revisi. Modul yang dihasilkan adalah modul dengan pendekatan saintifik yang mengarahkan peserta didik secara aktif mencari ilmu pengetahuan melalui 5 (lima) langkah kegiatan pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data dan mengkomunikasikan; (2) Hasil penilaian uji ahli isi materi pembelajaran menyatakan persentase kelayakan materi pada modul 96% atau dinyatakan “Sangat Baik”. Hasil penilaian oleh ahli media pembelajaran menyatakan tampilan modul pembelajaran memperoleh persentase 92% yang apabila dikonversikan menyatakan tampilan pada modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan “Sangat Baik”. Hasil penilaian uji respon mahasiswa pada modul pembelajaran “Sangat Baik” dengan persentase 94%. Kata kunci: Pengembangan Modul, Pendekatan Saintifik, CAD Richpeace.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Pendekatan Saintifik, CAD Richpeace.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Pande Putu Winy Desy Ariani
Date Deposited: 19 Jul 2022 13:24
Last Modified: 19 Jul 2022 13:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11728

Actions (login required)

View Item View Item