Qondias, Dimas (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMUATAN MULTIKULTUR UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN BULELENG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1739031001-COVER.pdf Download (374kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1739031001-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1739031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (423kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1739031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1739031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1739031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1739031001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1739031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1739031001-LAMPIRAN.pdf Download (887kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan multikultur serta mengukur efektivitas model pembelajaran berbasis masalah bermuatan multikultur yang valid, praktis dan efektif dalam menguatkan sikap sosial dan keterampilan berpikir kritis. Metode pengembangan menggunakan model ADDIE dengan melibatkan lima pakar dalam validasinya. Pengujian validitas melibatkan 5 pakar, pengujian kepraktisan melibatkan tiga guru dan 88 siswa. Pengujian efektivitas model pembelajaran berbasis masalah bermuatan multikultur melibatkan 158 siswa kelas IV SD Kabupaten Buleleng. Teknik analisis validitas menggunakan metode Lawshe dengan besaran nilai validitas menggunakan CVR. Analisis kepraktisan dilakukan dengan melihat respon guru dan siswa sebagai pengguna. Efektivitas model dianalisis dengan analisis multivariat (Manova) dan di transformasikan dalam effect size (ES) untuk menentukan efektivitas model terhadap sikap sosial dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah bermuatan multikultur dinyatakan layak untuk diterapkan. Respon guru menyatakan sangat baik, respon siswa menyatakan baik. Model pembelajaran berbasis masalah bermuatan multikultur efektif meningkatkan sikap sosial dan keterampilan berpikir kritis. Mengacu pada hasil tersebut direkomendasikan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan multikultur untuk meningkatkan sikap sosial dan keterampilan berpikir kritis. Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Multikultur, Sikap Sosial, Keterampilan Bepikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Multikultur, Sikap Sosial, Keterampilan Bepikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Dimas Qondias |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11760 |
Actions (login required)
View Item |