Radhaswati, I Dewa Ayu Agung (2022) The Effect of Educandy on Learning Motivation and Vocabulary Mastery of 5th Grade Elementary School Students in Cluster IV of Mengwi District in Academic Year 2021/2022. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029081028-COVER.pdf Download (225kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029081028-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029081028-LAMPIRAN.pdf Download (892kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Educandy terhadap motivasi belajar, penguasaan kosakata, dan pengaruh simultan keduanya. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yang menerapkan desain post-test-only. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa kelas 5 SD Gugus IV Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel 59 siswa yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih melalui cluster random sampling karena populasinya relatif besar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan post-test. Analisis data menggunakan one-way ANOVA dan MANOVA dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh Educandy terhadap motivasi belajar (p<0,05), 2) ada pengaruh Educandy terhadap penguasaan kosakata (p<0,05) dan 3) ada pengaruh simultan Educandy terhadap motivasi belajar dan penguasaan kosakata (p<0,05). Kesimpulannya, Educandy berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan penguasaan kosakata siswa selama pembelajaran luring dan daring. Dalam menggunakan Educandy sebagai media pembelajaran, pendidik harus memperhatikan fasilitas media yang mendukung pembelajaran yang terlaksana dengan baik. Media teknologi dan jaringan internet yang stabil sangat penting untuk mendukung implementasi Educandy. Pendidik dapat menggunakan Educandy untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan mengasyikkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Educandy, Motivasi Belajar, Penguasaan Kosakata, Anak Muda. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | I Dewa Ayu Agung Radhaswati |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11801 |
Actions (login required)
View Item |