Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas IX

Apriyanti, Dewa Ayu Krisna (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas IX. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023011001-COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023011001-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023011001-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah hal penting dalam pelaksanaan pembelajaran dan harus disesuaikan dengan kondisi serta situasi siswa dan lingkungannya, maka dari itu pemilihan dan pembuatan perangkat pembelajaran harus dipikirakan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual serta karakteristik pelaksanaannya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp yang terdiri atas 3 fase, yakni Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX di SMPN 1 Gianyar tahun ajaran 2021/2022 dengan rincian kelas IX C sebanyak 20 siswa pada uji coba terbatas, kelas IX A sebanyak 41 siswa pada uji coba lapangan I dan kelas IX B sebanyak 42 siswa pada uji coba lapangan II. Instrumen penelitian untuk validitas perangkat pembelajaran berdasarkan dari pendapat ahli pada lembar validasi isi perangkat pembelajaran, instrumen kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan angket respon siswa dan guru, serta lembar keterlaksanaan, sedangkan instrumen keefektifan perangkat pembelajaran dengan tes pemecahan masalah. Data yang didapatkan dari instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah berupa perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa, LKPD, dan tes pemecahan masalah yang valid, praktis, serta efektif. Karakteristik perangkat pembelajaran yaitu (1) RPP mudah dipahami serta pelaksanaannya sesuai dengan pendekatan kontekstual yang terdiri dari 7 komponen pembelajaran utama (2) Math in Dimension menarik serta mudah dipahami (3) Kontekstual, karena Math in Dimension serta tes pemecahan masalah memuat permasalahan yang dekat dengan siswa sesuai materi yang diajarkan (4) Praktis, karena dapat diterapkan dalam moda pembelajaran daring maupun luring (5) Dalam pelaksanaannya, membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri karena siswa dapat mengeksplore materi pada applet geogebra yang terhubung dengan LKPD (6) Mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, karena soal maupun contoh soal pada Math in Dimension menuntun siswa memecahkan permasalahan sesuai indikator pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Dewa Ayu Krisna Apriyanti
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:59
Last Modified: 21 Jul 2022 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item