Darmawan, Anak Agung Gede Agung (2022) PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KAJA-KELOD KE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP NEGERI 1 GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029091008-Cover.pdf Download (754kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029091008-Abstrak.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091008-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (386kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091008-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091008-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091008-Daftar Pustaka.pdf Download (357kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029091008-Lampiran.pdf Download (51MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi nilai-nilai peduli lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod Masyarakat Bali., (2) Menganalisis nilai-nilai peduli lingkungan dalam kearifan lokal Kaja-Kelod yang relevan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran IPS di SMP. (3) Mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod dalam pembelajaran IPS di SMP, dan (4) Menganalisis dampak pengintegrasian kearifan lokal Kaja-Kelod dalam pembelajaran IPS di SMP terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Berkenaan dengan itu, penelitian dirancang sebagai Penelitian Pengembangan (Research and Development / R&D) menggunakan Model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3 tahap., yaitu (1) Define, (2) Designn, dan (3) Develop. Uji coba suplemen bahan ajar yang dilakukan pada tahap Develop menggunakan Kelas VIII-B. Pengumpulan data primer menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Data sekunder dikumpulkan menggunakan metode pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga (3) makna kearifan lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod, yaitu (a) Arah, (b) Zonasi dan (c) Tata letak dalam suatu ruang. (2) Materi yang dapat diintegrasikan untuk nilai kearifan lokal Kaja-Kelod adalah materi “Pengaruh konservasi lahan pertanian ke industri dan permukiman terhadap perubahan ruang dan interaksi antarruang” (3) Bahan ajar final yang sudah disuplemen dengan nilai-nilai kearifan lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod. (4) Dampak penggunaan bahan ajar IPS dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal Kaja-Kelod kedalam pembelajaran IPS sangat efektif setelah diberikan perlakuan (treatment) dengan bukti sikap siswa terkait nilai peduli lingkungan mengalami peningkatan sebesar 34 % dari rata-rata sebelum diberikan perlakuan dengan nilai yaitu 51,33 dan setelah diberikan perlakuan nilai tersebut menjadi naik hingga mencapai angka rata-rata 85,33. Hasil Uji Hipotesis menggunakan Uji T-test menujukan bahwa, t hitung > t tabel (32,781 > 1.98729), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan setelah diterapkan pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal Kaja-Kelod ke dalam bahan ajar IPS pada siswa SMP Negeri 1 Gianyar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan lokal Kaja-Kelod, Kearifan lingkungan, Sikap peduli lingkungan, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Anak Agung Gede Agung Darmawan |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:57 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 07:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11845 |
Actions (login required)
View Item |