PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KAJA-KELOD KE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP NEGERI 1 GIANYAR

Darmawan, Anak Agung Gede Agung (2022) PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KAJA-KELOD KE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP NEGERI 1 GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029091008-Cover.pdf

Download (754kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029091008-Abstrak.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091008-Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029091008-Lampiran.pdf

Download (51MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi nilai-nilai peduli lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod Masyarakat Bali., (2) Menganalisis nilai-nilai peduli lingkungan dalam kearifan lokal Kaja-Kelod yang relevan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran IPS di SMP. (3) Mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod dalam pembelajaran IPS di SMP, dan (4) Menganalisis dampak pengintegrasian kearifan lokal Kaja-Kelod dalam pembelajaran IPS di SMP terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Berkenaan dengan itu, penelitian dirancang sebagai Penelitian Pengembangan (Research and Development / R&D) menggunakan Model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3 tahap., yaitu (1) Define, (2) Designn, dan (3) Develop. Uji coba suplemen bahan ajar yang dilakukan pada tahap Develop menggunakan Kelas VIII-B. Pengumpulan data primer menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Data sekunder dikumpulkan menggunakan metode pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga (3) makna kearifan lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod, yaitu (a) Arah, (b) Zonasi dan (c) Tata letak dalam suatu ruang. (2) Materi yang dapat diintegrasikan untuk nilai kearifan lokal Kaja-Kelod adalah materi “Pengaruh konservasi lahan pertanian ke industri dan permukiman terhadap perubahan ruang dan interaksi antarruang” (3) Bahan ajar final yang sudah disuplemen dengan nilai-nilai kearifan lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod. (4) Dampak penggunaan bahan ajar IPS dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal Kaja-Kelod kedalam pembelajaran IPS sangat efektif setelah diberikan perlakuan (treatment) dengan bukti sikap siswa terkait nilai peduli lingkungan mengalami peningkatan sebesar 34 % dari rata-rata sebelum diberikan perlakuan dengan nilai yaitu 51,33 dan setelah diberikan perlakuan nilai tersebut menjadi naik hingga mencapai angka rata-rata 85,33. Hasil Uji Hipotesis menggunakan Uji T-test menujukan bahwa, t hitung > t tabel (32,781 > 1.98729), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan setelah diterapkan pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal Kaja-Kelod ke dalam bahan ajar IPS pada siswa SMP Negeri 1 Gianyar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kearifan lokal Kaja-Kelod, Kearifan lingkungan, Sikap peduli lingkungan, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Anak Agung Gede Agung Darmawan
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:57
Last Modified: 20 Jul 2022 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item