Sitiari, Ni Made (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DIINTEGRASIKAN DENGAN EDPUZZLE PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041038-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041038-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041038-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun dari video animasi interaktif menggunakan aplikasi sparkol videoscribe diintegrasikan dengan edpuzzle; (2) validitas video animasi interaktif sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem koordinasi manusia untuk kelas XI MIPA; (3) kepraktisan video animasi interaktif sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem koordinasi manusia untuk kelas XI MIPA di SMA N Bali Mandara. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Tempat penelitian berlangsung di SMA N Bali Mandara dengan waktu penelitian selama 3 bulan. Desain uji coba mencakup uji validitas dan uji kepraktisan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi dan ahli media yang berperan sebagai validator produk video animasi interaktif serta siswa sebagai subjek uji kepraktisan yang terdiri dari 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Jenis data dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yakni wawancara dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli materi dan media serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan video animasi interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rancang bangun dari video animasi interaktif menghasilkan 8 produk video animasi interaktif dengan materi sistem koordinasi manusia berdurasi 4 sampai dengan 8 menit; (2) validitas video animasi sebesar 4,71 dengan kategori sangat valid dan; (3) kepraktisan video animasi interaktif sebesar 4,61 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, video animasi interaktif yang dikembangkan sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran biologi khususnya materi sistem koordinasi manusia kelas XI di SMA N Bali Mandara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video animasi interaktif, sistem koordinasi manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sitiari |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11889 |
Actions (login required)
View Item |