META ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Sanuaka, I Wayan Adi Ambhara (2022) META ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1729071006-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729071006-ABSTRAK.pdf

Download (668kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
1729071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 Kajian Teori)
1729071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 Metodelogi Penelitian)
1729071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 Hasil Dan Pembahasan)
1729071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 Penutup)
1729071006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (717kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729071006-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik model problem based e-learning serta mendeskripsikan pengaruh problem based e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Populasi penelitian ini terdiri dari artikel dalam jurnal yang diterbitkan antara 2019 dan 2021 secara nasional dan internasional terkait dengan pengaruh pembelajaran online berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis sebanyak 45 artikel. Sampel penelitian ini menggunakan 22 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian ini dirancang dengan desain studi review menggunakan metode meta-analisis (systematic quantitative reviews). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan teknik effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-learning berbasis masalah dapat dikatakan penggunaan metode blended learning dan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan e-learning, baik itu media online seperti Edmodo, LMS Google Classroom, dan sebagainya, untuk mencapai tujuan belajar. (2) model problem based e-learning secara positif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis secara keseluruhan dengan rata-rata effect size 49% (Efek Besar). (3) Memiliki pengaruh positif di seluruh jenjang pendidikan dengan rata-rata effect size 37% (Sekolah Dasar), 46% (Sekolah Menengah Pertama), 49% (Sekolah Menengah Atas), 61% (Perguruan Tinggi). (4) Bepengaruh positif pada pada bidang studi Fisika, Kimia, Biologi, IPA, Kewirausahaan, Program Pedidikan Guru memiliki nilai effect size diatas 25%, dan Matematika, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan memiliki effect size pada rentangan 9% sampai 25%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis masalah berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis secara keseluruhan dalam artikel yang dipelajari di berbagai jenjang pendidikan di bidang studi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, e-learning, kemampuan berpikir kritis, effect size
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Wayan Adi Ambhara Sanuaka
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:38
Last Modified: 20 Jul 2022 08:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11892

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item