PENGELOLAAN PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING PAKET C PEMINATAN IPA DI KOTA DENPASAR

PRADNYAMITA, MADE INTAN (2022) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING PAKET C PEMINATAN IPA DI KOTA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071009-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071009-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa memilih homeschooling dan pengelolaan pembelajaran homeschooling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah faktor penyebab siswa memilih homeschooling dan pengelolaan pembelajaran homeschooling. Penelitian dilakukan di Homeschooling Primagama (HSPG) Bali yang terletak di kota Denpasar. Pengambilan data menggunakan teknik studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan orang tua siswa, siswa, dan alumni HSPG Bali memilih homeschooling dikarenakan siswa mengalami perundungan di sekolah asal, lebih nyaman belajar di homeschooling, waktu dan proses belajar lebih fleksibel, dan lebih banyak waktu untuk memperdalam kegiatan nonakademik. Perencanaan pembelajaran berupa RPP yang dibuat tutor memuat beberapa hal yang tidak sesuai, seperti perumusan tujuan hanya menggambarkan hasil belajar yang diharapkan dan tidak mencantumkannya pada kegiatan awal. Kegiatan inti yang direncanakan oleh tutor tidak menggunakan pendekatan saintifik, dan tidak ada perencanaan praktikum. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka, tutorial, dan mandiri. Metode pembelajaran yang diterapkan pada kegiatan tatap muka meliputi ceramah dan diskusi mengacu pada modul pembelajaran, tetapi tidak ada kegiatan eksperimen. Kegiatan tatap muka sering digantikan dengan tutorial dan mandiri karena halangan yang berasal dari siswa. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh tutor dari uji modul setelah siswa mempelajari modul yang diajarkan dan penilaian sumatif pada akhir semester menggunakan instrumen yang telah dibuat oleh tim tutor berupa tes objektif dan essay. Tutor hanya memberikan penilaian aspek kognitif, dan tidak ada penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik. Pengawasan hanya dilakukan oleh staf akademik dengan cara mengecek RPP yang dibuat oleh tutor, jurnal online yang diisi oleh tutor, pengumpulan bukti berupa video dan foto saat proses pembelajaran, absensi tutor dan siswa. Seluruh dokumen yang dikumpulkan kemudian dikirimkan ke Dinas Pendidikan kota Denpasar sebagai bentuk laporan dan pengawasan secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor penyebab, homeschooling, pelaksanaan, pengelolaan pembelajaran, pengawasan, penilaian, perencanaan, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Made Intan Pradnyamita
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:46
Last Modified: 20 Jul 2022 08:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item