Pengelolaan Pembelajaran Kimia Online Kelas XI MIPA di MAN Buleleng

Imam, Dhita Permatasari Putri (2022) Pengelolaan Pembelajaran Kimia Online Kelas XI MIPA di MAN Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031039-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031039-ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031039-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (966kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031039-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran, pelaksananaan pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa, serta faktor-faktor yang memengaruhi pembelajaran kimia online kelas XI MIPA di MAN Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia, kepala MAN Buleleng, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Objek dalam penelitian ini yaitu aktivitas pengelolaan pembelajaran kimia online. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) RPP yang dibuat oleh guru kimia disederhanakan sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang menyebutkan bahwa komponen inti dari RPP adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. RPP yang dibuat oleh guru kimia direncanakan untuk pembelajaran online melalui video conference, namun kenyataannya guru lebih sering melakukan pembelajaran lewat diskusi di grup Whatsapp. (3) Penilaian hasil belajar siswa mencakup penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun, penilaian keterampilan belum memenuhi standar penilaian. (4) Faktor- faktor yang memengaruhi pembelajaran kimia online diantaranya adalah siswa belum terbiasa belajar secara online, keterbatasan keadaan dan fasilitas siswa, serta keterbatasan sinyal. Pengelolaan pembelajaran yang belum optimal berimplikasi pada ketercapaian tujuan pembelajaran yang kurang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan penilaian, pembelajaran kimia online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Dhita Permatasari Putri Imam
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:49
Last Modified: 21 Jul 2022 04:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11918

Actions (login required)

View Item View Item