PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Oktavawan Putra, I Made Dwi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011024-COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011024-ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011024-LAMPIRAN.pdf

Download (835kB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Oleh I Made Dwi Oktaviawan Putra, NIM 1713011024 Program Studi S1 Pendidikan Matematika ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas 8. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan pengembangan 4D merupakan model yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan ketiga karena keadaaan Pandemi COVID-19. Evaluasi materi dan media dilakukan oleh pakar sebelum media digunakan, Evaluasi efektivitas media dilakukan dengan mengumpulkan hasil tes yang diberikan kepada siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian menggunaknan angket (kuisioner) sebagai alat pengumpulan data diantaranya angket penilaian ahli media dan angket penilaian ahli materi yang selanjutnya dikembangkan dengan Articulate Storyline. Hasil evaluasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi unsur kelayakan baik dari media ataupun materi. Selanjutnya, respon siswa dan respon guru menyatakan bahwa media yang dikembangkan sudah memenuhi keefisienan. Terakhir, dilihat dari pemahaman siswa, maka dapat dikatakan media ini sudah efektif. Kata Kunci: interaktif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Media Pembelajaran, Model 4D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: interaktif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Media Pembelajaran, Model 4D
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I MADE DWI OKTAVIAWAN PUTRA
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:02
Last Modified: 22 Jul 2022 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item