Parmawan, Kadek Adiarta (2022) AN ANALYSIS OF TASK-BASED LEARNING IMPLEMENTATION THROUGH GOOGLE CLASSROOM AT SMAS CANDIMAS PANCASARI DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021207-COVER.pdf Download (946kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021207-ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (410kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021207-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021207-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021207-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pandemi memaksa para guru untuk menyesuaikan pendekatan dan metode pengajarannya dengan pembelajaran online, yang mencakup penerapan Task-Based Learning. Pelaksanaannya dalam pembelajaran online tentunya akan berbeda dengan pembelajaran konvensional tatap muka, karena perlu dilakukan melalui penggunaan platform pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui pelaksanaan Task-Based Learning melalui Google Classroom dan (2) mengetahui permasalahan yang dihadapi guru dalam pelaksanaannya. Hal ini pernting dilakukan guna mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran diimplementasikan dalam setting yang berbeda dan masalah apa yang terjadi dalam implementasi yang dilakukan melalui Google Classroom. Penelitian ini mengambil satu orang guru bahasa inggris di SMAS Candimas Pancasari bersama 39 siswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMAS Candimas Pancasari menerapkan Task-Based Learning melalui Google Classroom dengan mengikuti tiga langkah yang benar, yaitu (1) Pre-task, (2) Task, (3) Language Focus. Penerapannya dilakukan dengan menggunakan beberapa fitur di Google Classroom serta platform Google lainnya, seperti Google Drive, Google Form, dan Google Jamboard untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Model Task-Based Learning diimplementasikan secara sinkronus dan asinkronus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi tiga masalah utama terkait dengan banyaknya siswa di kelas, keterbatasan waktu, dan kesulitan dalam mempersiapkan materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Task-Based Learning, Implementasi, Google Classroom, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Adiarta Parmawan |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 09:41 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 09:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11940 |
Actions (login required)
View Item |